Social Icons

Acara TV RI untuk Orang Tua

Mungkin teman-teman masih ingat ketika kecil dulu nonton TV adalah suatu hal yang langka bahkan ketika itu  Desa Cebolek yang punya TV bisa di hitung dengan Jari Tangan.  Ingat Saya yang punya TV ada 2 yaitu Bapak Tarno dulu rumahnya dekat Jembatan Cebolek sebelah utara Balai Desa Cebolek dan Bapak H. Musa dekat pondok Nurwiyah acaranyapun di mulai sekitar jam empat sore. Acaranya antara lain

1).  Mana  Suka Siaran Niaga

Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi pertama di Indonesia,   yang mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siarannya ini masih berupa hitam putih. TVRI kemudian meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.
Dahulu TVRI pernah menayangkan iklan dalam satu tayangan khusus yang dengan judul acara Mana Suka Siaran Niaga (sehari dua kali). Sejak Apriltahun 1981 hingga akhir 90-an TVRI tidak diperbolehkan menayangkan iklan, dan akhirnya TVRI kembali menayangkan iklan. Status TVRI saat ini adalah Lembaga Penyiaran Publik. Sebagian biaya operasional TVRI masih ditanggung oleh negara



2.) Dunia Dalam Berita.

Acara ini biasanya yang tertarik adalah orang-orang tua jadi anak-anak seusiaku tidak tertarik, tapi karena tidak ada tontonan lain ya terpaksa di tonton juga Dunia Dalam Berita TVRI (atau Berita Dunia TVRI) adalah program berita-berita teraktual mancanegara di stasiun TVRI setiap hari pukul 21:00 sampai 21:30 WIB dengan durasi selama 30 menit. TVRI pertama kali menayangkan acara ini sejak pada tahun 1974 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2008 karena buruknya rating dan digantikan oleh Indonesia Malam TVRI yang pertama kali ditayangkan acara ini sejak pada tanggal 4 Juni 2012 dari tayangkan setiap hari pada pukul 19:00 sampai 20:00 WIB dengan durasi selama 1 jam.

Sesuai dengan namanya, program ini berisi berita-berita umum internasional. Sekitar 10 menit terakhir acara ini biasanya diisi berita-berita olahragainternasional dan prakiraan cuaca untuk kota-kota besar dunia. Pada zaman Orde Baru, acara ini seluruh siaran beralih ke stasiun televisi siaran swasta seluruh kommersial di Indonesia (RCTISCTVTPIANTeve dan Indosiar) wajib merelai program acara ini dimulai pada tanggal 6 November1988 hingga 12 Mei 1998 (selama kurun waktu hampir 10 tahun 4 bulan 11 hari), di mana peraturan tersebut sudah dihapus. Kadang-kadang, tayangan ini dilanjutkan dengan Laporan Khusus pukul 21:30-21:40 WIB. Peraturan ini terkecuali bila stasiun televisi swasta di Indonesia yang bersangkutan menayangkan acara olahraga dan musik spesial yang melebihi pukul 21:00 sampai 21:30 WIB setelah Berita Dunia TVRI yang akan dipindah jam tayang pada pukul 21:00 sampai 21:30, 22:00 sampai 22:30, 22:30 sampai 23:00, 23:00 sampai 23:30, 23:30 sampai 00:00, 00:00 sampai 00:30 dan 00:30 sampai 01:00 WIB).
Kemudian sekarang berganti resmi nama menjadi Dunia Dalam Berita TVRI adalah sebuah tidak tayangan wajib disiarkan oleh sejumlah seluruh siaran beralih ke stasiun televisi swasta di Indonesia mulai perdana pertama kali mengudara diluncurkan sejak pada tanggal 13 Mei 1998.

3). RIA jENAKA 

Nah kalo ini Acara Minggu siang yang menjadi cirri khas TVRI jaman baheula. Ria Jenaka menghadirkan tokoh Punakawan Semar, Petruk, Gareng, Bagong plus Mono. Acara yang dihadirkan biasanya sih itu tuh memberikan informasi seputar kebijakan pemerintah yang sedang berlangsung.
Aku sendiri  suka  juga nonton acara ini, akan tetapi lebih suka ketika nonton awal pembukaan Ria Jenaka dimana ada animasi Sembilan bocah yang kemudian di tangkap tangan dan diputer-puter kemudian dibuka keluarlah tulisan Ria Jenaka. Antara Aneka Ria Safari,  acara tersebut layak di acungi jempol, karena itulah ikon TVRI, Ikon TV public yang tidak hanya mengumbar lawak  saja, akan tetapi TVRI yang mampu memberikan informasi dan peran-peran moral serta hiburan yang murah bagi pemirsanya………





Tidak ada komentar:

Posting Komentar