Social Icons

CIPLUKAN



CEPLUKAN bagi teman-teman di desa Cebolek nama ini tak asing lagi. Ketika bermain-main di ladang mencari cangkrik maka ketika melihat pohon ciplukan berebut untuk mencari buahnya yang matang untuk di santap tanpa di cuci sekalipun tangan ini penuh dengan tanah, yang penting perut terisi he he he, buah ciplukan ini rasanya asam-asam manis dan gimana gitu pokoknya khas banget.  Bagi petani di desa Ciplukan ini dianggap tanaman sejenis rumput yang mengganggu tanaman palawija. Sebab umumnya ciplukan ini tumbuh subur pada waktu para petani mengganti tanaman padi dengan palawija. Misalnya berguna paling hanya untuk pakan kambing, atau buahnya ketika sudah matang diambil oleh anak-anak.  Ternyata Ciplukan ini banyak hasiatnya. Antar lain  untuk mengobati :

1.      1. Diabetes Mellitus. Bahan: tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan. Cara membuat: dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
2.      2. Sakit paru-paru. Bahan: tumbuhan ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga dan buahnya). Cara membuat: direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 1 gelas.
3.      3. Ayan. Bahan: 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak. Cara menggunakan: dimakan setiap hari secara rutin.
4.      4. Borok. Bahan: 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. Cara membuat: ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit.
5. Obat flu dan sakit tenggorokan:
Tanaman ceplukan sebanyak 9-15 gram direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin disaring airnya dan diminum sekaligus.

Katanya sih masih banyak hasiatnya. makanya tak heran anak-anak zaman seusiaku badannya sehat-sehat karena makanannya alami yang ternyata banyak mengandung banyak manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar