Social Icons

Panggalan/Gasingan

Panggalan atau Gasingan adalah permainan tradisional ini cukup terkenal dan mungkin masih ada hingga saat ini, permainan ini biasanya dimainkan oleh para remaja dan dewasa namun anak-anakpun banyak yang tidak ketinggalan..  Panggalan atau Gasing terbuat dari kayu, dan bentuknya bermacam2 tetapi umumnya berbentuk bulat dengan ujung yang lancip. Mungkin teman-teman masih ingat kita mencari kayu Petet( petai Cina) dan Kayu Jenar yang kadang-kadang kita tak perduli milik orang lain atau bahkan yang tumbuh di kuburan.
Gasing dapat berputar dengan cepat dan dalam waktu yang lama, untuk memutarnya diperlukan tali yang cukup panjang.  Caranya yaitu dengan meililitkan tali hingga membentuk lingkaran diatas sumbu gasing, kemudian gasing dilemparkan sambil menarik tali dengan cepat.
Permainan ini ditentukan dari gasing mana yang lebih lama berputar, adapula permainan adu gasing, yaitu dengan cara menghantamkan gasing milik kita ke gasing milik musuh.  Bila gasing milik musuh terpelanting atau pecah maka kita menang dan akan ditantang oleh pemain berikutnya. walaupun berbahaya namun waktu kecil kita seakan tak perduli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar